Senin, 14 November 2011

TUGAS 1

Pengertian management dan organisasi
                Apa management itu? Management adalah suatu ilmu atau seni perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumberdaya  manusia untuk mencapai tujuan yang  telah di tetapkan. Atau juga bisa dikatakan sebagai suatu proses yang terdiri dari rangkaian  kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/ pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
                Sedangkan yang di maksud organisasi secara umum dapat diartikan sebagai sebuah kelompok individu yang melalui hirarki sistematis dalam pembagian kerja, dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan secara stuktural dan sistematis.
Fungsi-fungsi management menurut beberapa ahli,
-          Henry Fayol,
Planning, manager merencanakan (plan) apa yang akan merekan lakukan. Organizing, kemudian mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana tersebut. Staffing, selanjutnya mereka menyusun staf (staff) organisasi mereka dengan sumberdaya yang diperlukan. Directing, dengan sumberdaya yang ada mereka mengarahkan (direct) untuk melksanakan rencana. Controlong, akhirnya mereka mengendalikan (control) sumberdaya, menjaganya agar beroprasi secara optimal.
-          Ernes Dale
Planning, organizing, staffing, directing, staffing, directing, inovasi, jadi fungsi manager tak hanya sebagai mengatur/ memerintah namun ia berperan juga sebagai pembaruan yang infovatif agar perusahaan dan organisasinya terus exsis, requesting (meminta), fungsi request ini tak berbeda dengan penjelasan commanding. Dan controling.
-          Geogre R Terry
Perencanaan(plannig), yaitu rencana setiap manager tentu memiliki rencana untuk memajukan misi dan visi perusahaan agar terus berkembang dan maju dalam persaingan terhadap perusahaan yang lain. Pengorganisasian(organizing),fungsi organisasi untuk mewujudkan palnning dalam organisasi dan manajemen dapat terlaksana oleh karena itu dibutuhkan organisasi untuk menjalankan rencana. Actuating,yang dimaksud dengan acuanting adalah menetaptkan segala sesuatu sesuai prosedurnya. Pengwasan(controling), dan menurut Goerge r.terry agar organisasi terus berjalan dengan baik maka di butuhkan pengwasan dari manajer/orang yang mengatur organisasi tersebut.
-          Luther M Gulick
Perencanaan(planning). Mengorganisir(organizing). Melengkapi tenaga kerja (staffing), jadi fungsi staffing hanya untuk membantu manejer melakukan dan menjalankan roda organisasi atau perusahaan. Mengarahkan(directing), dan fungsi manejer adalah untuk mengarahkan bawahannya agar mereka dapat bertanggung jawab atas kewjibanya dan tidak salah langkah mengambil keputusan dalam pekerjaan. Menyelaran/kordinasi(coordinating), dan fungsi manejer juga dapat  dikatakan sebagai kordinasi antara atasan atau bawahan,atau sesama karyawan ketika terjadi konflik didalam organisasi tersebut/perusahaan.fungsi ini tidak begitu berbeda dengan directing. Melaporkan (reporting), fungsi maneger juga dapat menjadi melaporkan kepada atasan.apakah manajemen yang terdapat dalam organisasi atau perusahaan telah berfungsi dengan baik.dan laporan ini biasanya dijadikan acuan untuk evaluasi. Meyusun anggaran(budgeting), dalam perusahaan tentu membutuhkan anggaran.oleh karena itu maneger dapat menjadi penyuluhan anggaran dalam perusahaan untuk menghindari kerugian dalam perusahaan.atau menjadi solusi yang baik.
Gambaran untuk bagan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar