Senin, 29 Oktober 2012

Membuat Garis pada OpenGL



Membuat Program Garis dengan OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group (Wikipedia).
Bentuk umum perintah pada OpenGL:
(awalanlibrary)(perintah)(optional jumlah argument)(optional tipe argument);
Setiap perintah pada OpenGL menggunakan awalan ‘gl’  lalu diikuti dengan huruf capital setiap katanya, contoh:  glPushMatrik. Fungsi asli dari OpenGL sendiri selalu diawali dengan gl yang terdapat pada library opengl32.dll dan file header gl.h. Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah OpenGL Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.
Oke, dari pada terlalu banyak penjelasan yang saya jelaskan sebagai seorang pemula di OpenGL, mari kita membuat program pertama dengan membuat garis
1.       Membuat garis Horizontal


Penjelasan:
Untuk membuat garis membutuhkan titik-titikkoordinat yang akan saling menghubungkan , titik koordinat yang dibuat,
 ttitik X= -0.8 , Y1 = 0.0 , X2 = 0.8 , Y2 = -0.0 )
pembacaan pada code:                 glVertex2f (-0.8f, 0.0f); <<TITIK AWAL (X)
 glVertex2f (0.8f, -0.0f); << TITIK AKHIR (Y)

Untuk membuat garis menjadi berwarna codenya:

glColor3f (2.2f, 0.0f, 0.6f);
penggabungan warna merah dan biru, maka menjadi warna agak pink untuk garis di titik awal ke tengah
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.6f);
memiliki warna biru untuk garis tengah ke titik akhir.
nb: Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0
Outputnya:


2.       Membuat Garis Vertikal



Penjelasan:
Untuk titik vertical ini, titik-titikkoordinat yang dibuat:
Mempunya titik X= -0.10 , Y1 = 0.-0 , X2 = 10.0 , Y2 = 0.-0  X3 = 13.13)
pembacaan pada codenya:          glVertex3f(0.10,10.0,13.13); << TTITIK AWAL (X)
 glVertex3f(0,-0,0.-0); <<TITIK AKHIR (Y)

Untuk membuat garis menjadi berwarna codenya:
glColor3f (6.0f, 0.3f, 1.6f); Mengkombinasi warna merah,hijau,biru dari titik awal sampai garis tengah dimana pemberian nilai yang terbanyak ada di warna Merah.
 glColor3f (4.0f, 0.3f, 1.6); Mengkombinasi warna merah,hijau,biru dari garis tengah ke titik akhir dimana pemberian nilai yang terbanyak ada di warna Merah. Maka ketika dicompile garis akan berwarna Pink.
nb: Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0

Outputnya:


3.       Membuat Garis Diagonal




Penjelasan:

Untuk titik diagonal ini, titik-titik koordinat yang dibuat:
Mempunya titik X= -0.0 , Y1 = 9.9 , X2 = -0.8 , Y2 = 8.9  X3 = 0.1)
pembacaan pada codenya:          glVertex3f(0,0,-0.8); << TTITIK AWAL (X)
 glVertex3f(9.9,8.9,0.1); <<TITIK AKHIR (Y)

Untuk membuat garis menjadi berwarna codenya:
glColor3f (2.0f, 2.0f, 0.0f);  Mengkombinasi warna merah,hijau, dari titik awal sampai garis tengah dimana pemberian nilai yang banyak yang sama ada di warna merah dan hijau
glColor3f (0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk titik akhirnya pemberian nilainya dibagi rata, maka ketika dicompile akan berwarna merah karena penggabungan warna merah dan hijau yang memiliki nilai warna yang sama
nb: Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0



Tidak ada komentar:

Posting Komentar