Membuat Program Garis
dengan OpenGL
OpenGL (Open
Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah
lintas-bahasa, lintas
platform API untuk
mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250
panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga
dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana.
OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992
[2] dan secara luas digunakan dalam CAD,
realitas maya,
visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game,
di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL
Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba
yaitu Khronos Group (Wikipedia).
Bentuk umum perintah pada OpenGL:
(awalanlibrary)(perintah)(optional jumlah
argument)(optional tipe argument);
Setiap perintah pada OpenGL menggunakan awalan ‘gl’ lalu diikuti dengan huruf capital setiap
katanya, contoh: glPushMatrik. Fungsi
asli dari OpenGL sendiri selalu diawali dengan gl yang terdapat pada library
opengl32.dll dan file header gl.h. Sedangkan beberapa library yang telah
ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah OpenGL
Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan
level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library
ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.
Oke,
dari pada terlalu banyak penjelasan yang saya jelaskan sebagai seorang pemula
di OpenGL, mari kita membuat program pertama dengan membuat garis
1. Membuat
garis Horizontal
Penjelasan:
Untuk membuat garis membutuhkan titik-titikkoordinat
yang akan saling menghubungkan , titik koordinat yang dibuat,
ttitik X1
= -0.8 , Y1 = 0.0 , X2 = 0.8 , Y2 = -0.0
)
pembacaan pada code: glVertex2f (-0.8f, 0.0f); <<TITIK AWAL (X)
glVertex2f (0.8f,
-0.0f); << TITIK AKHIR (Y)
Untuk membuat garis menjadi
berwarna codenya:
glColor3f (2.2f,
0.0f, 0.6f);
penggabungan warna merah dan biru, maka menjadi warna agak pink untuk garis
di titik awal ke tengah
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.6f);
memiliki warna
biru untuk garis tengah ke titik akhir.
nb: Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0
Outputnya:
2. Membuat Garis Vertikal
Penjelasan:
Untuk
titik vertical ini, titik-titikkoordinat
yang dibuat:
Mempunya titik X1
= -0.10 , Y1
= 0.-0 , X2
= 10.0 , Y2
= 0.-0 X3 =
13.13)
pembacaan pada codenya: glVertex3f(0.10,10.0,13.13); << TTITIK AWAL (X)
glVertex3f(0,-0,0.-0); <<TITIK AKHIR (Y)
Untuk membuat garis menjadi berwarna codenya:
glColor3f (6.0f, 0.3f, 1.6f); Mengkombinasi warna merah,hijau,biru dari titik awal sampai garis tengah
dimana pemberian nilai yang terbanyak ada di warna Merah.
glColor3f
(4.0f, 0.3f, 1.6); Mengkombinasi warna
merah,hijau,biru dari garis tengah ke titik akhir dimana pemberian nilai yang
terbanyak ada di warna Merah. Maka ketika dicompile garis akan berwarna Pink.
nb: Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0
Outputnya:
3. Membuat Garis Diagonal
Penjelasan:
Untuk
titik diagonal ini, titik-titik koordinat
yang dibuat:
Mempunya titik X1
= -0.0 , Y1
= 9.9 , X2 = -0.8 , Y2 = 8.9 X3 = 0.1)
pembacaan pada codenya: glVertex3f(0,0,-0.8); << TTITIK AWAL (X)
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); <<TITIK
AKHIR (Y)
Untuk membuat garis menjadi berwarna codenya:
glColor3f (2.0f, 2.0f, 0.0f); Mengkombinasi
warna merah,hijau, dari titik awal sampai garis tengah dimana pemberian nilai
yang banyak yang sama ada di warna merah dan hijau
glColor3f (0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk titik akhirnya pemberian nilainya dibagi rata, maka ketika
dicompile akan berwarna merah karena penggabungan warna merah dan hijau yang
memiliki nilai warna yang sama
nb: Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar