Sabtu, 30 Oktober 2010

Otak Kanan dan Kompleksitas Tulisan Arab

Otak Kanan dan Kompleksitas Tulisan Arab


            Salah satu fungsi otak kanan manusia adalah menagkap obyek visual, termasuk huruf. Namun untuk tulisan Arab, otak kanan tak digunakanuntuk mengenali dan membaca huruf akibat kompleksnya huruf Arab. Karena itu, untuk membaca huruf Arab dibutuhkan kemampuan lebih tinggidibandingkan membaca tulisan dalam bahasa Inggis.
            Temuan ini di dasarkan atas studi berkelanjutan Departemen Psikologi bersama Pusat Penelitian Otak untuk Studi Ketidakmampuan Belajar Edmond J Safra di Universitas Haifa, Israel, selama lebih dari 10 tahun terakhir. temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Neuropsychologi  itu menunjukan, kemampuan membaca tulisan Arab lebih berat dibandingkan tulisan bahasa lain.
Untuk membandingkan komleksitas tulisan Arab, Prof Zohar Evitar dan Raphiq Ibrahim membandingkan kecepatan danakurasi membaca sejumlah anak dan orang dewasa yang ibunya berbahasa Arab, bahasa Ibrani (sebagai bahasa yang mirip bahasa Arab), dan bahasa Inggris. Mereka juga meng uji kecepatan dan akurasi anak-anak dengan bahasa ibu bahasa Arab untuk mengeja meneja tulisan dalam bahasa Arab,Ibrani, dan Inggris. otak kanan yang biasa digunakan dalam proses membaca dalam bahasa Inggris dan Ibrani ternyata tak digunakan dalam mengenali huruf tulisan Arab.(rujukan: kompas,kamis, 2 september 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar