Sabtu, 30 Oktober 2010

UNIKNYA PULAU SACOTRA

UNIKNYA PULAU SACOTRA


            Banyak tempat di bumi ini yang menyimpan keunikan bahkan misteri. Tempat-tempat itu beberapa telah berhasil “dijinakan” manusia tapi tak sedikit yang belum ter endus indra kita. Di beberapa jejaring sosial, ada sebuah pulau yang dinobatkan sebagai pulau paling unik dan misterius, lantaran vegatasi dan tatanan kehidupan di sana terkesan ajaib.
            Sacotra nama pulau itu. Ada pula yang menyebutnya Saqotra. Ini merupakan sebuah pulau kecil di beberapa pulau di Samudra Hindia, sekitar 350 KM di selatan semenanjung Arab. Jenis, bentuk, dan warna-warna tanaman di pulau ini nyaris tak ditemukan di tempat lain.
            Sacotra masuk dalam kekuasaan Republik Yaman. Sacotra menjadi pulau utama dengan luas 3.625 KM persegi. Selain itu ada tiga pulau lain yang lebih kecil, yakni Abd al Kuri, Samhah, dan Darsa. Juga ada tonjolan batu yang dihuni manusai dan menjadi habitat burung laut.
            Sacotra memiliki tiga wilayah geografis, yakni pantai yang sempit, sebuah daratan tinggi batu kapur di mana terdapat gua Kars, dan Pegunungan Hagrier. iklim di pulau ini oleh para klimatologis di nilai mirip iklim padang pasir yang kering dan panas.
Hujan jarangf sekali membasahi pulau ini. Bila turun hujan, umumnya terjadi pada musim dingin yang dipengaruhi iklim belahan bumi utara. Saat musim dingin yang di sertai dengan hujan, angin bertiup cukup kencang di sertai ombak yang tinggi.
Tanaman dan pohin yang tumbuh di sini, bentuk dan warnanya cukup aneh. tumbuhan tersebut dikategorikan sebagai flora endemis yang artinya tidak tumbuh di tempat lain. misalnya, pohon dara naga (Dracaena cinnabari). Pohon ini bentuknya seperti pesawat luar angkasa atau mirip jamur.
Oleh penduduk setempat, pohon ini di jadikan obat-obatan tradisional. pada abad pertengahan, konon, pohon ini dijadikan sarana ritual sihir. Ada pula pohon yang mirip adenium, namun ukurannya raksasa. Pohon ini dinamakan mawar padang pasir. Juga ada tanaman yang mirip tanaman ketimun, namanya Dentrosicyos socotranum.
Pulau Socorta memeng sengaja dibatasi dari kunjungan para wisatawan untuk menjaga keaslian ekosistemnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar