Sabtu, 27 November 2010

Pulpen Anoto

                Menulis surat elekteronik, pada masa depan tidak perlu lagi masuk ke situs itu. Modem dan computer tidak perlu diperlukan. Cukup hanya menggunakan sebuah pulpen khusus, kita bisa mengirim e-mail, sms dan facsimile. Bahkan, pulpen ini bisa digunakan untuk memesan barang dari situs amazon.com, misalnya.
                Anoto pen, begitu nama alat tulis khusus hasil kerja sama Ericsson AB, Anoto AB, dan Time Manager. fungsi dan pemakaiannya sama dengan pulpen biasa: setore tinta tercetak ketika pulpen digunakan menulis.
                Bedanya, pulpen Anoto tidak dapat digunakan di permukaan kertas biasa. Secarik kertas berupa kotak kotak khusus menjadi pasangan pulpen itu. Di atas kertas pulpen anoto berpola itulah kegiatan tulis menulis atau mengambar dilakukan. Dengan mata telanjang, kertas abu-abu muda itu akan tampak biasa saja. Tetapi, di dalamnya sudah ada titik-titik berpola berjarak 0,3 milimeter.
                Ada 3 komponen dalam komponen itu, yaitu sebuah pengolah gambar, kamera video, dan sebuah transceiver nirkabel. Komponen pengolah gambar itu boleh dijadikan otok dari pulpen anoto itu. Di situ tiap tarikan pulpen, tekanan yang diberikan, sudut tiap kararter yang ditulis, direkam dan diterjemahkan dalam bentuk kordinat x/y. Huruf dan gambar yang ditulis, kemudian dikonversikan ke format ASCII.
                Hasil guratan kemudian direkam oleh kamera video yang terletak di mata pulpen. Melalui sinar inframerah yang diserap kertas anoto, kamera mengkap karakter yang dituliskan dengan kecepata 1/100 detik.  Hasil jepretan digital  itulah yang di simpan pulpen anoto.
Adapun komponen ketiga berfungsi menjadi pengantar image atau huruf tadi. Dengan menggunakan teknik Bluetooth, hasil yang disimpan di dalam pulpen itu bisa dikirimkan ke peralatan computer terdekat. Apabila si pengguna telpon berada di radius 9 meter dari peralatan elektronik yang juga menggunakan Bluetooth, informasi yang dihasilkan bisa langsung di baca peralatan tersebut.
                Jadi, bisa saja hasil coretan tangan itu di terima oleh ponsel, computer pribadi, atau organizer berteknologi Bluetooth. Selanjutnya, terserah si pemakai, apakah akan mengirimnya dalam format sms (pesan 160 karakter ponsel), facsimile, atau surat elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar