Rabu, 24 November 2010

Taman Miniatur Kaktus dalam Pot

Linkungan gurun dengan tanaman kaktus sangat mengagumkan. Keindahan itu dapat anda ciptakan di rumah dengan cara membuat taman miniature kaktus dalam pot.
Apabila anda ingin melihat keindahan kaktus, mestilah di dalam greenhouse karena iklim di Negara ini cendenrung lemmbab dan basah. Padahal, kaktus biasa hidup di lingkungan yang kering. Namun sayang, membuat greenhouse memerlukan biaya yang mahal. Akan tatapi, ada pilihan lain yang bisa ditempuh, yaitu membuat taman miniature kaktus dalam pot. Meskipun ukurannya mini , keindahannya tidak kalah dengan yang asli.
Pemilihan pot
Dalam membuat taman miniature kaktus, pertama-tama anda harus memilih potnya. Pot dari berbagai bahan, seperti dari plastic, tanah liat, atau dari keramik, bisa digunakan. Juga tersedia berbagai bentuk pot, ada yang bulat, lonjong, atau persegi. Pot yang terlalu tinggi jangan di gunakan karena terlihat kurang serasi. Sebaliknya, anda jangan menggunakan pot bonsai yang rendah karena terlalu pendek. Jika pot terlalu pendek, biasanya tanaman menjadi kurang kokoh. Jadi, sebaiknya pilihlah pot berketinggian 15-20 cm.
Medianya Cukup Pasir dan Strerofoam
Setelah pot ditentukan, langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan media tanam. Pertama-tama pot diisi dengan sterofoam  (lempeng gabus) sepanjang 6-7 cm. Jika potnya dalam, trerofoam diberikan setinggi 1/3 tinggi pot, sedangkan jika potnya dangkal cukup ¼ tinggi potnya. Maksud pemberian strerofoam adalah untuk memperbaiki drainase karena tanaman kaktus tidak tahan pada media yang terlalu mengikat air. setelah pemberian strerofoam, selanjutnya pot ditambahkan pasir . pasir yang digunakan adalah pasir kali biasa, tetapi sebelumnya mesti di cuci untuk menghilangkan lumpur yang ada. Pengisian media sebaiknya cukup untuk sampai beberapa sentimeter untuk sebelum bibir pot.
masalah penempatanya anda dapat di gantung ataupun di letakandi bawah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar